Luapan sungai Cilamaya rendam rumah warga

Jatim info: Puluhan rumah warga dan ratusan hektare areal persawahan di Desa Muara Baru, Kecamatan Cilamaya Wetan, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, terendam banjir akibat meluapnya Sungai Cilamaya, Kamis (9/12/2010).

“Sungai Cilamaya meluap sampai mengakibatkan banjir, karena tingginya curah hujan di daerah Subang dan sekitarnya,” kata Camat Cilamaya Wetan, Andi Muriadi di Karawang, Kamis.

Menurut Andi, sejak beberapa hari terakhir ketinggian air di Sungai Cilamaya meningkat akibat tingginya curah hujan di daerah Karawang, Subang dan sekitarnya.

Kondisi itu mengakibatkan Sungai Cilamaya meluap sampai akhirnya membanjiri puluhan rumah dan ratusan hektare sawah di daerah yang tidak jauh dari sungai tersebut. Ketinggian air di daerah banjir itu mencapai antara 70-80 centimeter.

“Hampir setiap kali turun hujan deras di daerah Karawang, Subang dan sekitarnya, Sungai Cilamaya kemungkinan besar meluap sampai membanjiri rumah-rumah warga dan areal sawah,” jelas Andi.

Untuk mengantisipasi kemungkinan terus meluapnya sungai tersebut, tambah Andi, aparat desa dan kecamatan setempat akan memasang turap yang akan menahan luapan Sungai Cilamaya ke daerah pemukiman.

Turap itu terbuat dari karung berisi pasir. Nantinya akan dipasang di setiap sisi sungai Cilamaya. Hal itu berfungsi agar air sungai tidak meluap ke pemukiman dan areal persawahan.

Namun, kata Andi, pemasangan turap itu tidak bisa dilakukan dengan segera, karena pihaknya harus menunggu kondisi air sungai Cilamaya normal. Karena itu, ia meminta kepada warga sekitar Desa Muara Baru yang menjadi korban banjir agar bersabar.

“Kemungkinan, Jumat (10/12/2010) esok kalau cuaca cerah dan air sungai Cilamaya turun, baru akan dipasang turap

Sumber: Surya

Iklan

Perihal jatiminfo
Memberikan informasi buat warga jawa timur dan sekitar nya...

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: