Pemprov Jatim Siap Ganti Rugi Warga

Jatim info: Gubernur Jawa Timur Soekarwo menyatakan aktivitas vulkanik Gunung Bromo mulai turun. Meski demikian, jika sewaktu-waktu timbul letusan hingga menyebabkan kerugian material, Pemprov Jawa Timur siap menanggung.

    “Kita semua tidak menginginkan, tapi jika ada ancaman (kerugian) akibat letusan Gunung Bromo, seperti kematian ternak, Pemprov Jatim siap memberi ganti rugi. Untuk sementara ini, kami menyiapkan alokasi dana untuk bencana alam sebesar Rp 50 miliar,” kata Soekarwo, Kamis (25/11/2010) setelah Sidang Paripurna di Gedung DPRD Jatim, Surabaya.

    Menurut Soekarwo, mulai hari Kamis (25/11/2010) sebanyak 250 petugas Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana dan Pengungsi (Satlak PB) telah bersiap-siap di sekitar kawasan Gunung Bromo. Mereka siap melakukan evakuasi warga setempat.

    Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) telah melarang warga dan wisatawan mendekati puncak Bromo pada radius tiga kilometer. “Tapi kami juga menyiapkan skenario evakuasi kedua dengan jarak hingga enam meter untuk relokasi warga yang akan diungsikan,” kata Soekarwo.

    Selain itu, beberapa petugas Satlak PB yang bertugas di Gunung Merapi, khususnya yang menangani dapur umum sudah mulai dipindahkan ke Gunung Bromo. Namun, petugas medis tetap di sekitar Gunung Merapi karena mereka masih dibutuhkan.

    Untuk para pengungsi, Pemprov Jatim dan Pemkab Probolinggo telah menyiapkan dua titik lokasi pengungsian di Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo. Meski demikian, warga masyarakat di sekitar Gunung Bromo dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpancing isu-isu letusan.

    Setelah penetapan status Awas Gunung Bromo, Selasa (25/11/2010) lalu, masyarakat ataupun wisatawan dilarang mendekati puncak pada radius tiga kilometer. Sebelumnya, pada saat status Gunung Bromo masih Waspada larangan naik ke puncak hanya sampai pada radius satu kilometer.

    source: kompas

    Iklan

    Perihal jatiminfo
    Memberikan informasi buat warga jawa timur dan sekitar nya...

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: