Warga Yogyakarta Antisipasi Kali Code Meluap

Warga di sekitar Kali Code, Yogyakarta, mulai mengantisipasi meluapnya Kali Code. Antisipasi dilakukan menyusul hujan deras yang turun di Yogyakarta tadi sore. Warga pun bersiap-siap apabila suatu waktu air Kali Code meluap dan menyebabkan banjir.

Waryanto, salah seorang warga mengatakan, debit air terus naik akibat hujan. “Warga terus saling kontak dari atas ke bawah. Mengantisipasi kalau sewaktu-waktu air Kali Code meluap,” kata Waryanto, warga Gondolayu Kidul, Jogoyudan, Yogyakarta, saat dihubungi VIVAnews, Minggu malam, 14 November 2010.

Menurut Waryanto, saat ini warga pun telah melakukan ronda malam, sehingga apabila air meluap pada malam hari, antisipasi tetap bisa dilakukan. “Warga yang tinggal di pinggir kali juga diminta agar tidak terlalu lelap tidurnya,” ucap pria yang rumahnya dekat dengan Kali Code tersebut.

Selain itu, waryanto menyebutkan, warga juga terus meninggikan tanggul buatan yang dibuat dari karung beras berisi pasir di sepanjang tepian Kali Code. “Tetapi masih ada sebagian yang belum ditinggikan.”

Namun, menurut Walikota Yogyakarta, Herry Zudianto, saat ini kondisi Yogyakarta dalam keadaan aman karena di wilayah utara tidak hujan deras. “Ada luapan air hujan di wilayah Gemblakan, karena saluran air hujan yang ke Kali Code mampet karena lumpur. Tapi sudah disedot memakai pompa miliki pemerintah kota.”

Sebelumnya, pada 4 November 2010 lalu, Herry menyatakan status Yogyakarta Siaga I. “Namun hanya untuk wilayah-wilayah yang dilalui sungai Code. Ini untuk mengantisipasi terjadinya banjir lahir dingin,” kata Walikota Yogyakarta, Herry Zudianto kepada VIVAnews.com, Kamis 4 November 2010.

Menurut Herry, sangat dimungkinkan banjir lahar dingin akan mengalir disepanjang sungai Code. Situasi ini didukung adanya hujan deras yang terus mengguyur di wilayah Lerang Merapi. “Kami meminta warga disekitar sungai Code agar mewaspadai banjir lahir dingin,” pesan walikota yang sudah dua periode menjabat ini.

source: vivanews

Iklan

Perihal jatiminfo
Memberikan informasi buat warga jawa timur dan sekitar nya...

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: