Mbok, Ya, Jangan Pulau Jawa Terus….

lustrasi: Pemanfaatan berbagai fasilitas pendidikan agar harus bisa dinikmati merata, jangan hanya oleh kelompok warga di Pulau Jawa saja.

Demikian diungkapkan Koordinator Nasional Kaukus Papua di Parlemen Paskalis Kossay di Jakarta, Kamis (11/11/2010), terkait perbincangan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden AS Barack Obama tentang peningkatan kerja sama pendidikan RI-AS, terutama dalam kuantitas penerima beasiswa, pertukaran pelajar dan budaya, serta pembenahan infrastruktur.

“Dengan kesepakatan kerja sama pendidikan diharapkan kualitas pendidikan di Indonesia semakin baik. Khususnya infrastruktur pendidikan di daerah-daerah terpencil dan daerah perbatasan dapat dibiayai dari kerja sama ini,” kata Paskalis Kossay.

Ia mengingatkan, paradigma pembangunan yang serba sentralistik feodalistik harus segera ditinggalkan secara nyata, jangan cuma jadi wacana. Ia juga mengingatkan tentang pemanfaatan berbagai fasilitas pendidikan agar harus bisa dinikmati merata, jangan hanya oleh kelompok warga di Pulau Jawa saja.

“Daerah-daerah kepulauan, kawasan perbatasan dan daerah terpencil selalu jadi anak tiri, tak tersentuh pembangunan,” kata anggota Komisi I DPR RI bidang Hubungan Luar Negeri dan Pertahanan Keamanan katanya.

“Masih terkait peningkatan kualitas dan fasilitas kuantitas pendidikan, Pemerintah harus membuka kesempatan seluas-luasnya bagi putra-putri Indonesia yang berprestasi dari seluruh daerah di Indonesia untuk memanfaatkan beasiswa dari kerja sama RI-AS ini,” tambahnya.

Ia kecewa dengan kebijakan pengutamaan pemberian beasiswa untuk kalangan perguruan tinggi selama ini lebih banyak diberi kepada UI, ITB, UGM, Unair, IPB, Unpad, Undip, Unibraw dan beberapa perguruan tinggi lainnya di Pulau Jawa serta kawasan barat Indonesia. Paskalis mengusulkan agar segala bentuk implementasi program pembangunan, termasuk hasil kerja sama dengan luar negeri dalam bidang pendidikan, bisa disebar secara adil ke seluruh daerah.

“Jadi, tak ada yang merasa hanya sebagai anak tiri atau pelengkap penderita saja,” tandasnya.[kompas]

Iklan

Perihal jatiminfo
Memberikan informasi buat warga jawa timur dan sekitar nya...

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: