Semburan awan panas Semeru

Gunung Semeru atau Sumeru adalah gunung berapi tertinggi di Pulau Jawa, dengan puncaknya Mahameru, 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl). Kawah di puncak Gunung Semeru dikenal dengan nama Jonggring Saloko.

Semburan menyebar hingga sejauh 4 kilometer.

Menurut petugas dari Pos Pantau Semeru di daerah Gunung Sawur, Desa Sumber Wuluh, Kecamatan Candipuro, awan panas mengarah ke aliran sungai Kesubak.

“Kita belum bisa menyimpulkan seberapa bahaya semburan ini. Kita masih menghitung kekuatan dan jarak luncurnya,” ujar petugas di pos, Kamis (4/11/2010).

Pantauan di lokasi, sejak 4 kilometer dari pos memang terlihat bekas awan panas. Utamanya dari arah tenggara puncak Semeru. Pepohonan pun terkena abu vulkanik.

“Akhirnya peningkatan gunung Semeru akan dilaporkan ke Badan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi di Bandung. Ya sebelum kita ngomong yang lebih jauh, kita laporkan ke Bandung dulu,” ujar petugas di pos penjagaan.

Meski kondisi Gunung semeru terlihat stabil, jalur pendakian ke gunung tertinggi di Pulau Jawa itu resmi ditutup. Penutupan jalur bagi para pendaki itu akan diberlakukan mulai Jumat kemarin tgl 12/11/2010

[wikipedia,berita jatim]

Iklan

Perihal jatiminfo
Memberikan informasi buat warga jawa timur dan sekitar nya...

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: